10 April, 2009

BARCELONA=TIM NASIONAL SPANYOL?


Kalau Anda semua memperhatikan pertandingan Liga Champion lalu antara Barcelona dengan Bayern Munich tentunya Anda bisa membandingkan pertandingan piala Eropa 2008 antara Jerman vs Spanyol. Di sini kita bisa melihat bagaimana Muenchen begitu kelabakan menghadapi pergerakan pemain Barcelona. Sama seperti halnya timnas Jerman kelabakan mengahdapi permainan timnas Spanyol. Kebetulan gelandang timnas Spanyol berisikan gelandang-gelandang Barcelona.
Kita melihat perbedaannya hanyalah pada pola permainan Aragones adalah 4-5-1 sedangkan Pep Guardiola memakai pola ofensif 4-3-3. Pada hakekatnya kedua pelatih ini memakai tenaga dua gelandang Barcelona yakni Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Sedangkan pemain bertahan atau holding midfielder kalau di timnas Spanyol dipegang Marcos Senna sedangkan di Barcelona diperankan Yaya Toure atau Keita. Sayap timnas yang diperankan David Silva diperagakan oleh Messi yang juga sama-sama tajam. Kemudian serangan sayap kanan kalau di timnas Spanyol diperagakan Ramos sedangkan di Barcelona ada Dani Alves.
Jadi memang tak salah kalu Barcelona adalah timnas Spanyol mini terutama dilihat dari pergerakan pemain, passing akurat dan kombinasi antar pemain gelandang yang didukung fisik prima dan inetlegensia yang luar biasa…so…

Tidak ada komentar: